YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Pages

organisasi sebagai fungsi manajemen


.


Menurut kamus, organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antara bagian-bagian dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.

Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah menajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi tersebut.
Seorang manajer harus melaksanakan proses organizing yang sesuai dengan rencana kerja atau petunjuk pelaksanaan kerja. Proses organizing yang lazim ditempuh sebagai berikut:
  1. membagi pekerjaan yang akan dilakukan , menetapkan tugas-tugas dan tanggung jawab.
  2. membentuk susunan jabatan dan peranan dengan pemberian nama.
  3. membentuk sistem-sistem kekuasaan dan status formal.
  4. membentuk suatu struktur organisasi untuk melakukan komunikasi-komunikasi internal.
Fungsi organizing ialah proses yang ditempuh untuk menyusun atau membentuk suatu organisasi. Salah satu tugas penting organisasi adalah menciptakan hubungan yang harmonis dalam suatu kelompok yang terdiri dari berbagai individu dan berbagai macam kepentingan. Hal ini tergambar dalam suatu struktur organisasi. bagan struktur organisasi membantu menjelaskan struktur garis-garis wewenang, batas-batas wewenang dan koordinasi antara satuan-satuan organisasi. bentuk bentuk organisasi ialah organisasi garis, organisasi garis dan staff, organisasi fungsional.

  • organisasi garis

organisasi garis diciptakan oleh Henry Fayol, ciri-ciri struktur oorganisasi garis adalah sebagai berikut:
1. organisasi masih kecil,praktis dan sederhana
2. jumlah karyawan sedikit
3. pimpinan dan semua karyawan saling mengenal
4. spesialisasi kerja belum tinggi
5. hanya mengenal satu komando
6. struktur organisasi sangat sederhana
7. garis komando dari atas ke bawah, sebaliknya tanggung jawab dari bawag ke atas

  • organisasi garis dan staff

organisasi garis dan staff diciptakan oleh Harrington Emerson , ciri-ciri organisasi garis dan staff ialah sebagai berikut:
1. dipergunakan dalam organisasi yang bersikap kompleks
2. daerah kerjanya luas, karyawannya banyak
3. ada 2 kelompok karyawan, yaitu kelompok staff sebagai penasihat dan kelompok garis sebagai pelaksana
4. mempunyai bidang-bidang yang beraneka ragam dan rumit.

  • organisasi fungsional


organisasi fungsional diciptakan oleh E.W Taylor. ciri-ciri organnisasi fungsional adalah sebagai berikut:
1, setiap pimpinan dapat memberikan perintah kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungan dengan fungsi atasan tersebut.
2. setiap pimpinan dapat menerima perintah dari pimpinan mana saja asal lebih tinggi kedudukannya
3. tidak terlalu menekankan pada struktur hirarki
4. tanggung jawab pelaksanaan kepada lebih dari satu pimpinan.

Your Reply