YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Pages

Menyelamatkan handphone basah


.

Sering kali handphone kita tak sengaja terkena air, biasanya karena kehujanan yang kelupaan handphone kita di masukan kedalam kantong. Berikut langkah-langkah penyelamatan yang bisa dilakukan jika handphone terkena siraman air.

1. Copot baterai

Jika ponsel terkena siraman air, biasanya sebagian air akan ada yang masuk kedalam handphone melalui celah-celah casing. Jika hal seperti ini terjadi langkah penyelamatan yang harus dilakukan segera adalah memutus daya listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hitungan detik sejak handphone terkena siraman air segera kita lepas baterainya, dengan begitu sirkuit-sirkuit elektronik yang ada didalamnya tidak akan rusak lebih parah.

2. Copot kartu SIM dan Kartu memori

Jika kartu SIM digunakan untuk menyimpan nomor-nomor kontak yang penting pula dan kartu memori untuk menyimpan data (file music,foto,aplikasi dll), maka langkah sejanjutnya adalah segera mencopot kartu SIM dan kartu memori dari slotnya didalam handphone. Ini demi mencegah elemen pada kartu SIM dan kartu memori mengalami kerusakan akibat terlalu lama terkena basah oleh air. Sekaligus untuk berjaga-jaga pula agar kartu SIM dan kartu memori masih bisa digunakan untuk seterusnya.

3. Buka casing handphone

Beberapa handphone keluaran baru menggunakan desian casing yang mudah dibuka, dengan membuka casing maka akan terlihat jelas seberapa banyak air membasahi bagian dalam handphone. Sekaligus langkah pengeringan dapat langsung dilakukan pada bagian-bagian yang mudah.

4. Lakukan pengeringan

Keringkan dengan menggunakan lap kering, tissue atau kalau ada dry pack. Jangan mengeringkan dengan menggunakan dryer karena titik air bisa masuk jauh ke bagian terdalam handphone.

5. Hubungkan ke sumber daya

Biarkan handphone selama kurang lebih satu hari satu malam sebelum mulai dinyalakan lagi. Gunakan baterai untuk menyalakan handphone. Jika handphone tidak menyala, lepas lagi baterainya lalu hubungkan handphone dengan charger agar mendapat tenaga listrik secara langsung dari sumbernya. Jika handphone menyala berarti baterainya harus diganti dengan yang baru, namun jika tidak menyala juga bawa handphone ke tempat service agar mendapat kepastian apakah handphone masih bisa dipakai atau tidak.


**selamat mencoba**

Your Reply