YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Pages

perkembangan sistem operasi


.

paket operasi ataupun progran yang dibuat dengan high level language, seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, bahasa C, dan lain sebagainya, tidak akan dapat dijalankan kalau tidak ada yang namanya OS (system operation)/ sistem operasi yang mendukungnya. sistem operasi ini yang akan mengatur semua proses dari sistem komputer. misalnya program aplikasi yang dibuat dengan suatu bahasa tinggi tertentu, memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah OS yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil terseubut. sebagai analogi misalnya, anda akan meloncati suatu perintang, anda tinggal menghubungi otak untuk perintah loncat, dan otak akan mengatur semua proses melompat tersebut dengan cara mengubungi bagian-bagian anggota badan yang diperlukan, seperti misalnya kaki. sistem operasi ini dapat diibaratkan sebagai otak yang menagtur semua sistem operasi tubuh anggota manusia. begitu pentingnya sistem operasi disuatu sistem komputer, yang kadang-kadang menjadikan pedoman seseorang untuk menentukan pemilihan suatu komputer.

1954. SISTEM OPERASI YANG PERTAMA KALI
sistem operasi y6ang pertama kali dikembangkan pada skitar tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk digunakan pada komputer IBM 701. kemudian pada tahun 1955, programmer di General Motor Research Laboratories bekerja sama dengan North American Aviation menulis OS(operating system) untuk komputer IBM 704. beberapa OS yang lainnya telah ditulis untuk komputer-komputer besar sejak tahun 1950-1960. OS tersebut terbatas penggunaanya, yaitu hanya dapat dipergunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequentia(terurut) atau batch saja dan biasanya dirancang untuk satu macam komputer saja.

1960.SISTEM OPERASI UNTUK KOMPUTER MINI YANG PERTAMA KALI
OS untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan dengan diproduksinya komputer-komputer mini. sebelum tahun ini OS hanya digunakan untuk komputer-komputer besar (main frame). pada bulan april 1964, IBM memperkenalkan OS yang disebut OS/360 untuk dipergunakan pada semua seri komputer system 360.

1969.UNIX
pada tahun 1969, Ken Thompson dari Dell Laboratories menulis OS yang disebuut dengan UNIX, yang diterapkan pada komputer PDP-7. pada tahun 1973, UNIX dikembangkan dengan cara ditulis ulang dengan bahasa C, sehingga merupakan OS pertama yang ditulis dengan High Level Language. sejak tahun tersebut, banyak orang yang memperkirakan bahwa UNIX akan menjadi OS yang paling populer dan akan banyak dipergunakan. UNIX merupakan OS untuk komputer 16-bit. UNIX pertama kali diterapkan di mainframe computer dan mini computer, tetapi sekarang telah banyak digunakan di micro computer.

1970. CP/M
pada tahun 1970, komputer mikro mualia dikembangkan dan bersamaan dengan itu, perusahaan Digital Reseacrh mengembangkan OS yang diterapkan di komputer mikro, yang disebut dengan CP/M. CP/M merupakan singkatan dari Control Program/ Microprocessor atau ada yang menyebut dengan Control Program/Monitor, atau ada juga yang menyebut dengan Control Program for Micro computer.
CP/M merupakan OS yang paling populer untuk komputer Micro 8-bit yang mempergunakan micro processor Zilog 80 (Z80) atau microprocessor Intel 8080. CP/M pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya dan banyak dipergunakan, dianggap sebagai standar OS untuk komputer 8-bit. digital research sampai sekarang telah mengembangkan OS yang lainnya, diantaranya yaitu CP/M-86, CP/M Plus, Personal CP/M, Concurrent CP/M, MP/M, MP/M-86, dan PC/NET.

1980. MS-DOS
sebelum tahun 1980, OS yang paling banyak digunakan dan dianggap sebagai standar dari OS adalah CP/M-80 buatan Digital Research tetapi sejak tahun 1980. microsoft Corporation di Bellevue, Washington yang dikepalai oleh William Bill Gates, mengembangkan OS dengan nama MS-DOS (system soft-disk operating system) untuk komputer 16-bit popularitas CP/M tampaknya dikalahkan. orang menganggap sekarang, bahwa MS-DOS sebagai standar OS untuk komputer 16-bit.
OS lainnya yang dikembangkan oleh pabrik microsoft diantaranya adalah Xenix yang sebenarnya adalah UNIX versi dari microsoft untuk micro processor intel 8086, zilog 8000 dan motorola 68000. OS yang lainya antara lain:

  • Oasis-16 dibuat oleh Phase One Systems.
  • Pick OS dibuat oleh Pick System Inc.
  • p-System dikembangkan pertama kali di University Of California at Sandiego pada tahun 1974.
  • TRS-DOS dibuat oleh Tandy Radio Shack.
1985.MICROSOFT WINDOWS YANG PERTAMA
Perusahaan Microsoft memasarkan system operasi windows versi yang pertama pada tahun 1985. Windows sebagai sebuah system operasi sebenarnya belum bekerja sepenuhnya sebagai suatu platform, tetapi masih bekerja dibawah DOS. Ini berarti sebelum windows dioperasikan, sistem operasi DOS sudah harus digunakan terlebih dahulu yang kemudian windows dipanggil melalui DOS tersebut. Kelebihan windows dari DOS adalah kemudahanyya untuk digunakan (user friendly) karena menggunakan sistem GUI, multi tasking (yaitu dapat mengerjakan beberapa program serentak dalam bentuk windows yang dapat dipindahkan dari suatu window ke windows yang lain). dan dapat mentransfer informasi diantara aplikasi atau dari satu window ke windows yang lainyya. walaupun demikian, windows versi 1.0 ini tidak populer dan kurang diminati karena berbagai alasan sebagai berikut, yang pertama adalah windows 1.0 beroperasi dengan lambat disampaikan pada waktu itu, processor yang diguanakan kurang mendukung , yaitu Intel 8088 dan 80286 yang kecepatannya relatif masih rendah. yang kedua adalah masih sedikitnya perangkat lunak yang ditulis untuk system operasi ini.

1987.IBM OPERATING SYSTEM/2
IBM OS/2 dibuat oleh IBM untuk mengatasi kekurangan dari IBM PC-DOS atau MS-DOS. Dengan microprocessor 80286 dan 80386. OS/2 dapat mengalamati memori diatas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan oleh IBM PC-DOS. OS/2 mempunyai beberapa kelebihan,yaitu sebagai berikut:
  1. Dapat mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai 16 MB
  2. Membuat manajemen basisdata lebih mudah dengan menyediakan semua sarana-sarana untuk membuat basis data.
  3. Dapat digunakan untuk network dengan dihubingkan pada beberapa host computer.
  4. Dapat digunakan untuk multi tasking,sehingga dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya.
1988.WINDOWS/386
WINDOWS/386 diperkenalkan pada tahun 1988. Windows versi ini diharapkan dapat membuat pengguna komputer berpindah dari DOS ke windows, karena sudah didukung oleh processor Intel 80386 yang sudah cukup cepat dikomputer IBM PC/386. Kenyataannya minat pengguna masih belum berpaling dari DOS.

1990.WINDOWS 3.0
Mulai tahun 1990, popularitas windows melalui windows 3.0 meningkat dengan cepat. Kalau tahun ini dianggap sebagai tahun kebangkitan Windows, maka sebenarnya Windows sudah tertinggal 6 tahun dari apple Machintosh yang sudah terlebih dahulu menggunakan konsep GUI di tahun1984. Keberhasilan Windows 3.0 tidak terlepas dari dukungan processor Intel 80486 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/486. Setahun kemudian pada tahun 1991, Windows versi 3.1 diluncurkan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan di versi sebelumnya.

1993.MOSAIC,BROWSER INTERNET PERTAMA DI SISTEM WINDOWS
Pada tahun 1990'an, sistem windows yang digunakan adalah versi 3.x. Windows 3.x ini tidak memiliki protokol, yaitu TCP/IP (Transmisiion Control Protocol/Internet Protocol) untuk hubungan ke internet, sehingga diperlukan perangkat lunak internet khusus jika seseorang ingin menjelajahi ke internet. Salah satu caranya adalah yang disebut dengan Browser. Mosaic merupakan browser yang dikenalkan pada tahun 1993, Mosaic merupakan browser internet pertama di sistem windows.

1995.WINDOWS 95
Akhirnya pada musim panas tahun 1995, Microsoft mengeluarkan windows 95 yang mempunyai beberapa kelebihan dari versi windows 3.x. Windows 95 sudah tidak beroperasi dibawah platform DOS, shingga operasinya lebih cepat dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Kelebihan lainnya adalah PnP(Plug-and-Play) dari windows 95. Dengan kemampuan ini, jika sebuah alat peripheral ditambahkan di sistem komputernya, alat ini tidak perlu diinstalasi, tetapi cukup dipasang(plug) saja dan siap untuk dimainkan (play). Setiap saat windows akan memeriksa jika ada alat baru yang ditambahkan dan jika ditemukan, maka windows akan menginstalasinya.

1997.WINDOWS 98
Windows 98 merupakan perbaikan dari windows 95. Windows 98 diperkenalkan pada bulan september 1997.


sumber:pengenalan komputer,jogiyanto.

Your Reply