YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Pages

Mahasiswa dan Seni Mencatat


.

Mencatat sebagai seni dalam belajar, ucapan seperti itu  sering terdengar diantara mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan. Entah mereka malas atau benar-benar mementingkan ‘pengertian’ dengan maksud cukup memahami materi perkuliahan. Memang mencatat akan menjadi hal yang sia-sia bila kita hanya mencatat perkata dari uraian dosen tanpa usaha aktif dalam proses perkuliahan. Namun mencatat  bisa menjadi hal yang produktif bila peserta belajar itu sendiri mengetahui caranya. Banyak manfaat yang diambil bila kita rajin mencatat, diantaranya;

  • Mencatat bisa menjadi usaha untuk memfokuskan perhatian, terutama bila cara penyajian dosen membosankan, dengan mencatat kita bisa memusatkan perhatian dari apa yang dikatakan dosen dan menghindarkan dari mengantuk karena biasanya bila sudah bosan kita akan mengantuk.
  • Mencatat bisa menjadi kunci pembuka mengingat pemahaman, saat kita benar-benar lupa akan penjelasan suatu materi, dengan membuka catatan yang walau hanya melihat kata kuncinya saja kita bisa mengingat kembali uraian dan mengerti saat kita pertama kali mengerti materi tersebut.
  • Mencatat bisa menambah pemahaman kita lebih mendalam, kita bisa menyampaikan pemikiran yang lebih jauh dengan menulisakn komentar  pada catatan kita, dengan demikian pemahaman kita terhadap materi kuliah semakin luas dan tidak terbatas pada apa yang ada dalam buku teks.
  • Catatan yang menurut pribadi kita nyaman dan enak dilihat akan meningkatkan niat belajar, saat kita bosan membuka buku teks yang sifatnya monoton, maka dengan membuka catatan kita sendiri  akan terasa lebih menarik. Karena catatan disusun berdasarkan pemahaman kita sendiri.
Mungkin masih banyak lagi manfaat dari mencatat, bila ingin merasakan manfaatnya, ayo kita mulai  belajar dengan mencatat.

Your Reply